Contoh Jenis dan Sumber Data dalam PTK

Tongsampah - Bagi para pendidik pastinya tidak asing dengan PTK atau sering disebut Penelitian Tindakan Kelas. Hal ini yang membuat para pendidik merasa kebingungan karena dalam pembuatan PTK penulisannya harus sesuai dengan tulisan karya ilmiah. Di sini penulis akan mencoba memberikan contoh/gambaran salah satu dalam pembahasan PTK khususnya dalam bab III Metode Penelitian mengenai Contoh Jenis dan Sumber Data dalam PTK.

Contoh Jenis dan Sumber Data dalam PTK

Penelitian tindakan kelas ini merupakan jenis data kualitatif, yaitu data berbentuk kata, kalimat, dan skema. Menurut Fathoni (2006), data merupakan suatu informasi yang didapat melalui suatu pengukuran tertentu sebagai landasan dalam menyusun argumentasi, dari yang logis menjadi fakta (kenyataan yang telah diuji kebenarannya secara empirik melalui analisis data). Menurut Webster’s New World Dictionary sebagaimana dikutip oleh Sumardjoko (2011), data berarti sesuatu yang diketahui atau yang dianggap dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan.
Menurut Nawawi dan Martini (1992), data kualitatif merupakan data yang menunjukkan kualitas atau mutu dari sesuatu yang berupa keadaan, proses, dan kejadian yang dinyatakan dalam bentuk perkataan. Selanjutnya menurut Arikunto (2010), sumber data dalam penelitian merupakan subjek dari mana data diperoleh. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa informasi tentang partisipasi belajar siswa dalam pembelajaran di kelas. Data penelitian ini dikumpulkan dari beberapa sumber yaitu:
1. Informan atau narasumber, yaitu guru dan siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Colomadu Kabupaten Karanganyar.
2. Tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran Pendidikan Pancasia dan Kewarganegaraan dan aktivitas lain yang bertalian. Dalam hal ini lokasinya adalah SMP Negeri 1 Colomadu Kabupaten Karanganyar.

Di atas merupakan sedikit contoh dari Jenis dan Sumber Data dalam PTK. Semoga bermanfaat.
Terimakasih.

5 Responses to "Contoh Jenis dan Sumber Data dalam PTK"

  1. makasih atas informasinya gan

    BalasHapus
  2. kalo data hasil wawancara narasumber gmana cara ngolahnya?

    BalasHapus
  3. ptk perlu di kuasai oleh mahasiswa ilmu keguruan, pengalaaman pribadi saat kualiah dlu, tugas akhir harus PTK

    BalasHapus
  4. jadi tau nih...terimaksih infonya mas

    BalasHapus

jangan takut berkomentar, karena komentar anda sangat kami butuhkan untuk membangun blog ini agar bisa lebih baik lagi.