Metode Angket Dalam Penelitian

Tongsampah - dalam penelitian banyak sekali metode yang dapat digunakan, kali ini penulis ingin sedikit menjelaskan mengenai Metode Angket yang bisa kalian kaji pada bahasan di bawah ini.

Menurut Sugiyono (2011), angket atau kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawab-nya.

Menurut Uma Sekaran sebagaimana yang dikutip oleh Sugiyono (2011), ada beberapa prinsip dalam penulisan angket sebagai teknik pengumpulan data, yaitu prinsip penulisan, pengukuran dan penampilan fisik. Dalam prinsip penulisan angket menyangkut tentang isi dan tujuan pertanyaan, bahasa yang digunakan, tipe dan bentuk pertanyaan, pertanyaan tidak mendua, tidak menanyakan yang sudah lupa, pertanyaan tidak menggiring, panjang pertanyaan, dan urutan pertanyaan.

Dalam membuat pertanyaan harus disusun dalam skala pengukuran dan jumlah itemnya mencukupi untuk mengukur variabel yang diteliti. Bahasa yang digunakan dalam penulisan angket harus disesuaikan dengan kemampuan berbahasa responden (memperhatikan jenjang responden). Tipe pertanyaan bisa terbuka atau tertutup.

Pertanyaan terbuka yaitu pertanyaan yang mengharapkan responden menuliskan jawabannya berbentuk uraian tentang suatu hal, sedangkan pertanyaan tertutup yaitu pertanyaan yang membantu responden untuk menjawab secara cepat.

Mungkin cukup itu pembahasan mengenai Metode Angket Dalam Penelitian, untuk lebih jelasnya bisa bertanya melalui komentar di bawah, atau lewat sosial media twitter, facebook, maupun Google+ saya atau anda bisa mengkaji sendiri pada sumber artikel ini.

Terimakasih.


Sumber: Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitati, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

0 Response to "Metode Angket Dalam Penelitian"

Poskan Komentar

jangan takut berkomentar, karena komentar anda sangat kami butuhkan untuk membangun blog ini agar bisa lebih baik lagi.