KONSTITUSI YANG DIPERBANDINGKAN | Materi Perbandingan Konstitusi

KONSTITUSI YANG DIPERBANDINGKAN

Tongsampah - Selamat datang kawan, dalam materi Perbandingan Konstitusi terdapat beberapa konstitusi yang dapat menjadi contoh untuk diperbandingkan. Untuk mengetahui apa itu Perbandingan Konstitusi kawan terhormat dapat membacanya pada artikel tentang Istilah Perbandingan Konstitusi yang merupakan artikel kelanjutan dari artikel ini. Setelah kita kemarin telah memperbincangkan mengenai Metode Perbandingan Konstitusi, akan kita lanjutkan dengan materi Contoh Konstitusi yang Diperbandingkan. Contoh tersebut dapat dilihat pada sub materi Konstitusi yang Diperbandingkan.


Dalam materi konstitusi yang diperbandingkan terdapat beberapa konstitusi yang dapat dibandingkan diantaranya Piagam Madinah, konstitusi Amerika Serikat, Undang-Undang Dasar 1945, dan Konstitusi Rusia. Dari ke-empat konstitusi tersebut dapat kita bandingkan dan akan dibahas dibawah ini.


Piagam Madinah

Jauh sebelum pemikiran-pemikiran barat mengemukakan temuan-temuan meraka atas berbagai konstitusi di Yunani, sejarar Islam ini mencatatat bahwa sejak zaman Rasulullah Muhammad SAW. Telah lahir konstitusi tertulis yang pertama, yang kemudian dikenal dengan Konstitusi Madinah. 

Konstitusi Madinah ini ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun 622M, yaitu pada tahun pertama hijrah atas persetuan bersama dengan tokoh-tokoh agama, masyarakat dan aliran yang ada pada waktu itu serta berlaku untuk setiap warga ummah (bangsa) tanpa pandang bulu. 

Amin Sa’ied, salah satu sarjana islam menyimpulkan bahwa konstitusi ini seluruhnya menganding 7 (tujuh) pokok ketentuan dasar, yaitu :
1. Menyatakan bangunnya suatu umat (natie) baru yang membentuk suatu Negara baru, Negara Islam
2. Mengakui keadaan rakyat sebagaimana adanya
3. Mengatur hubungan antar masing-masing rakyat, yang harus jamin-menjamin dan bertanggungjawab satu sama lainnya
4. Menetapkan bahwa Nabi Muhammad adalah penguasa yang tertinggi sebagai kepala Negara, yang menjadi tempat menyelesaikan segala persoalan
5. Mengatur hubungan dengan kaum Yahudi dan golongan-golongan Arab lainnya, dengan mengakui hak-hak asasi mereka
6. Mewajibkan pertahanan dan pembelaan Negara yang sama dan merata atas segenap warga Negara
7. mengumumkan bahwa kota Madinah (sebagai ibu kota Negara) adalah daerah yang aman bagi segala orang

Piagam Madinah atau Konstitusi Madinah yang dibuat untuk mempersatukan kelompok-kelompok sosial di Madinah menjadi satu umat dan mengakui hak-hak mereka demi kepentingan bersama, merupakan contoh teladan dalam sejarah kemanusiaan dalam membangun masyarakat yang bercorak majemuk.

konstitusi Amerika Serikat

Konstitusi amerika merupakan wujud nyata dari kompromi dan tawar menawar dari berbagai pemikiran para Bapak Pendiri Amerika.
Adapun prisip dasar politik dan pemerintahan Amerika adalah sebagai berikut :

1. Pemerintahan oleh rakyat

Pemerintahan Amerika adalah pemerintahan oleh rakyat, dalam arti bahwa anggota Dewan Perwakilan Rakyat (hause of Represintatives) dipilih oleh rakyat dengan Negara-negara bagian setiap dua tahun sekali. Sementara itu pemilihan Senator dilakukan secara tidak langsung lewat Dewan Perwakilan Negara Bagian (state Legislature) hinggga awal abad ke-20. Namun melalui sebuah Amandemen, pemilihan Senator di kemudian hari dapat dilakukan secara langsung. Para hakim dan Pejabat pemerintahan federal tidak dipilih namun diangkat oleh Presiden setelah mendapat persetujuan dari Senat.

2. Sistem Perwakilan

Pererintah Perwakilan adalah system dasar lainnya yang memperkuat prinsip dasar pertama pemerintahan Amerika Serikat bahwa pemerintah dipilih oleh rakyat melalui mekanisme perwakilan. System perwakilan adalah inti dari Pemerintahan Amerika. Para wakil rakyat yang duduk di Kongres adalah orang-orang yang dipilih secara bebas dan terbuka dan mereka pun bertanggungjawab kepada rakyat yang memilihnya.

3. Pemerintahan terbatas

Prinsip pemerintahan terbatas adalah bahwa pemerintahan Amerika dibatasi oleh ketentuan-ketentuan yang tertera dalam Konstitusi Amerika. Pembatasan ini berbentuk kekuasaan Kongres, antara lain untuk menarik pajak, mengatur perdagangan, dan menyatakan perang.

4. Pemisahan Kekuasaan

Konstitusi secara tegas menyebut prinsip pemisahan kekuasaan eksekutif, legeslatif, dan yudikatif. Kekuasaan legeslatif diserahkan kepada Kongres Amerika sebagaimana disebutkan dalam pasal I. sementara kekuasaan eksekutif diserahkan sepenunya kepada Presiden Amerika sebagaimana digariskan dalam pasal II. Sedangkan pasal III menggariskan bahwa kekuasaan yudikatif dijalankan oleh Mahkamah Agung.

5. Checks and Balances

Untuk mengefektifkan prinsip pemisahan kekuasaan, diperlukan system checks and balances antara ketuga kekuasaan sedimikian rupa sehungga selalu terjadi keseimbangan diantara ketiganya. Dapat dikatakan bahwa prinsip checks and balances mengandung makna bahwa sekalipun ketiga pusat kekuasaan secara konstitusional terpisah namun dalam praktiknya pemisahan dalam arti mutlak mustahil terjadi.

6. Federalisme

Federalisme adalah prinsip pembagian kekuasaan politik antara pemerintah nasional (federal) dan pemerintahan Negara Bagian. Amerika Serikat sebagai Negara federal terdiri dari 50 negara bagian yang relatif independen. Selain dalam Konstitusi Amerika juga memuat ketentuan tentang Impeachment, yaitu suatu pertanggungjawaban menurut Hukum Pidana ada dan dapat mengakibatkan pertanggungan jawab politik.

Undang-Undang Dasar 1945

Konstitusi atau UUD pada hakikatnya adalah sebuah kontrak yang menjamin hak kedua belah pihak yakni hak kewenangan politik penyelenggara Negara, dan hak kebebasan warga masyarakat. Apabila dibandingkan dengan konstitusi Amerika Serikat dan konstitusi Uni Sovyet. UUD 1945 adalah yang terpendek. Walaupun demikian hal itu tidak berarti bahwa masalah-masalah pokok yang penting tidak diatur dalam konstitusi 1945 tersebut.

UUD 1945 telah mengalami empat kali perubahan, yaitu Perubahan pertama pada tahun 1999, perubahan kedua pada tahun 2000, perubahan ketiga pada tahun 2001, dan perubahan keempat pada tahun 2002.

Konstitusi Rusia

Konstutusi Rusia adalah konstitusi tertulis, dan yang berlaku sekarang adalah konstitusi 1936. Konstitusi ini dibuat secara sepihak oleh sekelompok kecil pemimpin yang menyelenggarakan kekuasaannya melalui kekuatan tentara. Soviet Rusia ini lahir dari revolusi Rusia 1917 yang sangat terkenal sebagai revolusi Oktober. Ditinjau dari pertumbuhan konstitusi, maka tipe pemerintahan yang berlaku di Uni Soviet adalah yang paling muda. Sebagaimana lazimnya yang terjadi pada Negara-negara baru, maka dia tidak mau disamakan dengan system-system yang lebih dahulu ada.

Berdasarkan kemajuan dibidang social dan ekonomi, maka tipe Uni Soviet bersumber pada azas-azas yang terkandung dalam paham Marxisme-Leninisme. Sebagai konsekuensi dari pelaksanaan paham Maxisme-Leninisme, maka Uni Soviet hanya ada satu partai politik, yaitu partai Komunis.

Penutup
Mungkin itu sedikit pembahasan mengenai Konstitusi yang Diperbandingkan, untuk mendalami dan lebih mengerti tentang Apa itu perbandingan Konstitusi kawan semua dapat membaca artikel lain yang berhubungan dengan materi Perbandingan Konstitusi seperti Istilah Perbandingan Konstitusi, Ruang lingkup kajian Perbandingan Konstitusi, dan Metode Perbandingan Konstitusi.

0 Response to "KONSTITUSI YANG DIPERBANDINGKAN | Materi Perbandingan Konstitusi"

Poskan Komentar

jangan takut berkomentar, karena komentar anda sangat kami butuhkan untuk membangun blog ini agar bisa lebih baik lagi.