Empat Macam Pengertian Statistika

Empat pengertian Statistika: 
yang pertama, Statistika kadang diberi pengertian sebagai ´data statistik´ yaitu kumpulan bahan yang keterangannya berupa angka atau bilangan. Dan dengan istilah lain Statistik´ adalah deretan atau kumpulan angka yang menunjukkanketerangan mengenai cabang kegiatan hidup tertentu.Misalnya: statistika penduduk, statistika pertanian, statistika perdagangan,statistika pendidikan, statistika keagamaan. Dalam hal ini statistika penduduk terkandung pengertian kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka yang berhubungan dengan bidang kependudukan (angkakelahiran, angka kematian, angka perkawinan, angka perpindahan penduduk). 
yang kedua, Statistika diberi pengertian sebagai 'kegiatan statistik´ atau 'kegiatan perstatistikan´ atau 'kegiatan penstatistikan´ yang mencakup 4 hal, yaitu : Pengumpulan data, Penyusunan data, Pengumuman dan pelaporan data, Analisis data. Misalnya: 'Biro Pusat Statistik´, terkandung pengertian: sebuah biro pada tingkat pusat, yang mempunyai keguiatan pokok dalam bidang: pengumpulan data, penyajian data, dan penganalisisan data.
yang ketiga, Statistika sebagai metode statistik yaitu cara-cara tertentu yang perlu ditempuh dalam rangka mengumpulkan, menyusun/mengatur, menyajikan,menganalisis dan memberikan interpretasi terhadap sekumpulan bahan keterangan yang berupa angka sedemikian rupa sehingga kumpulan bahanketerangan yang berupa angka 'itu dapat berbicara´ atau dapat memberikan pengertian dan makna tertentu. 
yang keempat, Statistika diberi pengertian sebagai ilmu statistik. Ilmu statistik tidak lainadalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan secarailmiah tahap-tahap yang ada dalam kegiatan statistik.
demikian Empat Macam Pengertian Statistika atau sering disebut statistik.

0 Response to "Empat Macam Pengertian Statistika"

Poskan Komentar

jangan takut berkomentar, karena komentar anda sangat kami butuhkan untuk membangun blog ini agar bisa lebih baik lagi.