Update Terbaru

Pengertian Filsafat, Ilmu, dan Filsafat Ilmu Dari beberapa Tokoh. dan Ruang Lingkupnya.

Pengertian Filsafat, Ilmu, dan Filsafat Ilmu Dari beberapa Tokoh. dan Ruang Lingkupnya. 

Tongsampah




1.     Pengertian FILSAFAT


menurut beberapa tokoh adalah sebagai berikut :

Plato ( 428 -348 SM ) : Filsafat tidak lain dari pengetahuan tentang segala yang ada.



Aristoteles ( (384 – 322 SM) : Bahwa kewajiban filsafat adalah menyelidiki sebab dan asas segala benda. Dengan demikian filsafat bersifat ilmu umum sekali. Tugas penyelidikan tentang sebab telah dibagi sekarang oleh filsafat dengan ilmu.

Cicero ( (106 – 43 SM ) : filsafat adalah sebagai “ibu dari semua seni “( the mother of all the arts“ ia juga mendefinisikan filsafat sebagai ars vitae (seni kehidupan )

Johann Gotlich Fickte (1762-1814 ) : filsafat sebagai Wissenschaftslehre (ilmu dari ilmu-ilmu , yakni ilmu umum, yang jadi dasar segala ilmu. Ilmu membicarakan sesuatu bidang atau jenis kenyataan. Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu mencari kebenaran dari seluruh kenyataan.

Paul Nartorp (1854 – 1924 ) : filsafat sebagai Grunwissenschat (ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya .

Imanuel Kant ( 1724 – 1804 ) : Filsafat adalah ilmu pengetahuan yange menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang didalamnya tercakup empat persoalan.
Apakah yang dapat kita kerjakan ?(jawabannya metafisika )
Apakah yang seharusnya kita kerjakan (jawabannya Etika )
Sampai dimanakah harapan kita ?(jawabannya Agama )
 Apakah yang dinamakan manusia ? (jawabannya Antropologi )

Notonegoro : Filsafat menelaah hal-hal yang dijadikan objeknya dari sudut intinya yang mutlak, yang tetap tidak berubah , yang disebut hakekat.

Driyakarya : filsafat sebagai perenungan yang sedalam-dalamnya tentang sebab-sebabnya ada dan berbuat, perenungan tentang kenyataan yang sedalam-dalamnya sampai “mengapa yang penghabisan “.

Sidi Gazalba : Berfilsafat ialah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran , tentang segala sesuatu yang di masalahkan, dengan berfikir radikal, sistematik dan universal.

Harold H. Titus (1979 ) : (1) Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi; (2) Filsafat adalah suatu usaha untuk memperoleh suatu pandangan keseluruhan; (3) Filsafat adalah analisis logis dari bahasa dan penjelasan tentang arti kata dan pengertian ( konsep ); Filsafat adalah kumpulan masalah yang mendapat perhatian manusia dan yang dicirikan jawabannya oleh para ahli filsafat.

Hasbullah Bakry : Ilmu Filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai Ke-Tuhanan, alam semesta dan manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana sikap manusia itu sebenarnya setelah mencapai pengetahuan itu.



2.     PENGERTIAN ILMU



M. IZUDDIN TAUFIQ
Ilmu adalah penelusuran data atau informasi melalui pengamatan, pengkajian dan eksperimen, dengan tujuan menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya


# THOMAS KUHN
Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, bail dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya


# Dr. MAURICE BUCAILLE
Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.


# NS. ASMADI
Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah)


# POESPOPRODJO
Ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris




3.     Definisi Filsafat Ilmu

1.        Robert Ackermann
Filsafat ilmu dalam suatu segi adalah sebuah tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat ilmiah dewasa ini dengan perbandingn terhadap pendapat-pendapat lampau yang telah dibuktikan atau dalam kerangka ukuran-ukuran yang dikembangkan dari pendapat-pendapat demikian itu, tetapi filsafat ilmu demikian bukan suatu cabang yang bebas dari praktek ilmiah senyatanya.
2.        Peter Caws
Filsafat ilmu merupakan suatu bagian filsafat yang mencoba berbuat bagi ilmu apa yang filsafat seumumnya melakukan pada seluruh pengalaman manusia.
3.        Lewis White Beck
Filsafat ilmu mempertanyakan dan menilai metode-metode pemikiran ilmiah serta mencoba menetapkan nilai dan pentingnya usaha ilmiah sebagai suatu keseluruhan.
4.        John Macmurray
Filsafat ilmu terutama bersangkutan dengan pemeriksaan kritis terhadap pandangan-pandangan umum, prasangka-prasangka alamiah yang terkandung dalam asumsi-asumsi ilmu atau yang berasal dari keasyikan dengan ilmu.



4.     Ruang lingkup

Bidang garapan Filsafat Ilmu terutama diarahkan pada komponen‑komponen yang menjadi tiang penyangga bagi eksistensi ilmu, yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi.

meliputi apa hakikat ilmu itu, apa hakikat kebenaran dan kenyataan yang inheren dengan pengetahuan ilmiah, yang tidak terlepas dari persepsi filsafat tentang apa dan bagai­mana (yang) “Ada” itu (being Sein, het zijn). Paham monisme yang terpecah menjadi idealisme atau spiritualisme, Paham dua­lisme, pluralisme dengan berbagai nuansanya, merupakan paham ontologik yang pada akhimya menentukan pendapat bahkan ke­yakinan kita masing‑masing mengenai apa dan bagaimana (yang) ada sebagaimana manifestasi kebenaran yang kita cari.

meliputi sumber, sarana, dan tatacara mengunakan sarana tersebut untuk mencapai pengetahuan (ilmiah). Perbedaan mengenal pilihan landasan ontologik akan dengan sendirinya mengakibatkan perbedaan dalam menentukan sarana yang akan kita pilih. Akal (Verstand), akal budi (Vernunft) pengalaman, atau komunikasi antara akal dan pengalaman, intuisi, merupakan sarana yang dimaksud dalam epistemologik, sehingga dikenal adanya model‑model epistemologik seperti: rasionalisme, empirisme, kritisisme atau rasionalisme kritis, positivisme, feno­menologi dengan berbagai variasinya. Ditunjukkan pula bagai­mana kelebihan dan kelemahan sesuatu model epistemologik be­serta tolok ukurnya bagi pengetahuan (ilmiah) itu seped teori ko­herensi, korespondesi, pragmatis, dan teori intersubjektif.

meliputi nilal‑nilal (values) yang bersifat normatif dalam pemberian makna terhadap kebenaran atau ke­nyataan sebagaimana kita jumpai dalam kehidupan kita yang menjelajahi berbagai kawasan, seperti kawasan sosial, kawasansimbolik atau pun fisik‑material. Lebih dari itu nilai‑nilai juga ditunjukkan oleh aksiologi ini sebagai suatu conditio sine qua non yang wajib dipatuhi dalam kegiatan kita, baik dalam melakukan penelitian maupun di dalam menerapkan ilmu.
Dalam perkembangannya Filsafat llmu juga mengarahkan pandangannya pada Strategi Pengembangan ilmu, yang menyangkut etik dan heuristik. Bahkan sampal pada dimensi ke­budayaan untuk menangkap tidak saja kegunaan atau keman­faatan ilmu, tetapi juga arti maknanya bagi kehidupan

pelajari juga Perkembangan filsafat ilmu, Penjelasan Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi.
Sedikit info bagi anda yang berencana membeli proyektor untuk pekerjaan anda, alangkah baiknya baca laman ini PRODUSEN PROJECTOR TERBAIK DAN TERPERCAYA DI INDONESIA.
Jangan kupa baca ini juga ya Klikgaul.com Portal Berita artis ,K-Pop , Zodiak, Love Paling Keren dan Update.
Terimakasih.

Anda telah selesai membaca artikel yang berjudul Pengertian Filsafat, Ilmu, dan Filsafat Ilmu Dari beberapa Tokoh. dan Ruang Lingkupnya.. Kami sarankan anda masukan Email terbaru yang anda miliki dibawah ini:

Dapatkan 60 Juta dari Internet. Minat? klik SERIUS!!

22 comments:

  1. Di masa kini ke depan Sunda akan melahirkan Para Filsuf Handal yang siap menghancurkan kesalahan cara berpikir & manipulasi ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh Para Filsuf Dunia.
    MARI KITA MEMBUAT KARYA FILSAFAT AGAR KITA MENJADI SEORANG FILSUF, YANG BERTANGGUNG JAWAB MENGHADIRKAN KEMBALI KEBENARAN ILMU SANG MAHA PENCIPTA, sebagai mana yang dilakukan oleh Filsuf Sunda Mandalajati Niskala, yang sebagian hipotesisnya sbb:

    1) Menurut para akhli di seluruh Dunia bahwa GRAVITASI BUMI EFEK DARI ROTASI BUMI.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala SALAH BESAR, bahwa Gravitasi Bumi TIDAK ADA KAITANNYA DENGAN ROTASI BUMI. Sekalipun bumi berhenti berputar Gravitasi Bumi tetap ada.

    2) Bahkan kesalahan lainnya yaitu semua akhli sepakat bahwa panas di bagian Inti Matahari mencapai 15 Juta Derajat Celcius.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala panas Inti Matahari SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN”.
    Beliau menambahkan:“KALAU TIDAK PERCAYA SILAKAN BUKTIKAN SENDIRI”.

    3) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala sangat logis menjelaskan kepada banyak pihak bahwa MATAHARI ADALAH GUMPALAN BOLA AIR RAKSASA YANG BERADA PADA RUANG HAMPA BERTEKANAN MINUS, SEHINGGA DI BAGIAN SELURUH SISI BOLA AIR RAKSASA TERSEBUT IKATAN H2O PUTUS MENJADI GAS HIDROGEN DAN GAS OKSIGEN, YANG SERTA MERTA AKAN TERBAKAR DISAAT TERJADI PEMUTUSAN IKATAN TERSEBUT. Suhu kulit Matahari menjadi sangat panas karena Oksigen dan Hidrogen terbakar, tapi suhu Inti Matahari TETAP SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN.

    4) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala menegaskan: “CATAT YA SEMUA BINTANG TERBUAT DARI AIR DAN SUHU PANAS INTI BINTANG SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN. TITIK”.

    5) Menurut para akhli diseluruh Dunia bahwa Gravitasi ditimbulkan oleh adanya massa pada suatu Zat.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala: “GAYA GRAVITASI BUKAN DITIMBULKAN OLEH ADANYA MASSA PADA SEBUAH ZAT ATAU BENDA”.
    Mandalajati Niskala menambahkan: “Silahkan pada mikir & jangan terlalu doyan mengkonmsumsi buku2 Barat.

    6) Filsuf Sunda Mandalajati Niskala membuat pertanyaan di bawah ini yang cukup menantang bagi orang-orang yang mau berpikir:
    a) BAGAIMANA TERJADINYA GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    b) BAGAIMANA MENGHILANGKAN GAYA GRAVITASI DI PLANET BUMI?
    c) BAGAIMANA MEMBUAT GAYA GRAVITASI DI PLANET LAIN YG TIDAK MEMILIKI GAYA GRAVITASI?

    7) Menurut para akhli diseluruh Dunia bahwa Matahari memiliki Gaya Gravitasi yang sangat besar.
    Menurut Filsuf Sunda Mandalajati Niskala Matahari tidak memiliki Gaya Gravitasi tapi memiliki GAYA ANTI GRAVITASI.

    8) Pernyataan yang paling menarik dari Filsuf Sunda Mandalajati Niskala yaitu:
    “SEMUA ORANG TERMASUK PARA AKHLI DI SELURUH DUNIA TIDAK ADA YANG TAHU JUMLAH BINTANG & JUMLAH GALAKSI DI JAGAT RAYA, MAKA AKU BERI TAHU, SBB:
    a) Jumlah Bintang di Alam Semesta adalah 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000
    b) Jumlah Galaksi di Alam Semesta adalah 80.000.000.000.000
    c) Jumlah Bintang di setiap Galaksi adalah sekitar 13.000.000.000.000

    9) Dll produk Filsafat seluruh cabang ilmu dari Filsuf Sunda Mandalajati Niskala YANG SIAP MENCENGANGKAN DUNIA seperti Wahyu Cakra Ningrat, Trisula Weda, Sangkan Paraning Dumadi, Manunggaling Diri, Sastra Jendra, Filsafat Ilmu Pengetahuan & Jagat Raya, dll.

    Selamat berfilsafat
    @Sandi Kaladia

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumpah keren mas
      apakah itu sudah dipostingkan diblog atau website lainnya?

      Delete
    2. ini filsuf atau ilmuwan? jadi bingung....

      Delete
    3. inti matahari dingin??
      bagaimana bisa.. luar panas tapi inti dingin.
      misalkan goreng bakso.
      kalok goreng bakso dalemnya pasti ikut panas. Filsuf sunda? Trash.

      Delete
    4. Memang Mandalajati Niskala gila kalieeee.....!
      Melebihi Galileo Galileeeee.....!

      Galileo Galile dihujat SEBAGAI SESAT & DILECEHKAN oleh manusia "se Jagat"; Para Ilmuwan, Para Agamawan, Para Raja & sejenisnya.
      GALILEO HARUS BERHADAPAN DENGAN AZAL.
      Padahal statement filsafat Galileo sangat rendah dan cetek. Galileo hanya mengatakan BUMI BUNDAR.

      Eeeeeeeeh kecele semua.....! Setelah dibuktikan oleh Colombus & vasco da gama, TERNYATA HUHUUUUUUY BUMI BUNDER BUNDER BUNDER KAYA BASO GORENG KALIEEE....!

      Waaaaah Mandalajati Niskala LEBIH EDUAAAAAN dengan mengatakan INTI MATAHARI SEDINGIN AIR PEGUNUNGAN.

      Kemungkinan yang akan terjadi adalah sbb:
      1)Mandalajati Niskala akan berhadapan dengan ancaman pembunuhan dari PARA ILMUWAN, PARA AGAMAWAN & PARA PEMIMPIN DUNIA, atau
      2)Kita semua yang menghujat Mandalajati Niskala AKAN KECELE SETELAH ALAM MEMBUKTIKAN.

      HEHEH MEMANG MANDALAJATI NISKALA GILA KALI & KITA BISA KETULARAN GILA.

      Huhuuuuuy jadi enak juga gua ketawa bro...!

      Delete
    5. Iniiiiiii....niiiii...yang namanya filsuf asngo....gak ada empiris-empirisnya

      Delete
  2. Bisa Filsuf karena MENGELUARKAN BANYAK SEKALI HIPOTESIS & TEMUAN ORIGINAL.
    Bisa Ilmuwan karena daya analisisnya tajam.

    Klik saja di google:
    FILSUF SUNDA MANDALAJATI NISKALA atau
    SANG PEMBAHARU DUNIA DI ABAD 21

    Dalam Bahasan:
    EKONOMI GLOBAL STAMO 2013,
    SASTRA JENDRA HAYU NINGRAT PANGRUWATING DIYU
    YANG ADA KAITANNYA DENGAN BAHASA IBU,
    HAKEKAT DIRI, PRO KONTRA RATU ADIL, dll.

    Trims.
    Sandi Kaladia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Produk Filsuf Mandalajati Niskala tidak dipublikasikan karena KHAWATIR BISA MENIMBULKAN FITNAH & MENGGONCANGKAN DUNIA.

      @Sandi Kaladia
      Murid Mandalajati Niskala

      Delete
  3. perdebatannya seru ya bro.
    Pernyataan bahwa "inti matahari itu sedingin air pegunungan" mungkin tidak akan menjadi masalah jika pernyataan itu masih berada dalam konteks FILSAFAT.
    kita sebagai orang awam hanya bisa menunggu bagaimana tindakan lanjut dari Mandalajati Niskala apakah hasil filsafatnya akan dibuktikan dan dijadikan ilmu pengetahuan ataukah akan menelan kembali hasil filsafatnya yang dianggap kebanyakan orang adalah pemikiran yang gila.
    kita tunggu saja :)

    ReplyDelete


  4. SANGKAN PARANING DUMADI
    SANGKAN PARANING DUMADI
    SANGKAN PARANING DUMADI

    Dalam Penggalian MANDALAJATI NISKALA
    Memasuki Ruang Insun,Telah Melahirkan
    Konsepsi SANGKAN PARANING DUMADI
    Yang Fitrah, Original & Sangat Anyar.
    KONSEPSI TERSEBUT BETUL BETUL BEGITU
    SEDERHANA, NAMUN SANGAT MENYERUAK
    DI KEDALAMAN YANG TANPA BATAS, sbb:

    1♥Barang siapa yang memahami NAFAS~nya,
    akan memahami rahasia HU~DA~RA~nya.
    (HU~DA~RA adalah Whitehole berupa potensi
    JAWAHAR AWAL, yang menjadi sistem
    TRI TANGTU DI BUWANA, dan jadilah ketentuan
    Tuhan SEGALA MACAM KEJADIAN
    SECARA SISTEMIK TERMASUK MANUSIA)

    2♥Barang siapa yang memahami HU~DA~RA~nya,
    akan memahami potensi HI~DI~RI~nya.
    (Potensi HI~DI~RI meliputi:
    HI adalah alam Subconcious
    DI adalam alam Concious
    RI adalah alam Heperconcious)

    3♥Barang siapa yang memahami HI~DI~RI~nya,
    akan memahami satuan terkecil DI~RI~nya.
    (Tribaka, Panca Azasi Wujud &
    Panca Maha Buta)

    4♥Barang siapa yang memahami DIRI~nya,
    akan memahami HI~DIR~nya.
    (Kesadaran Semesta = Kesadaran Manunggal)

    5♥Barang siapa yang memahami HI~DIR~nya,
    akan memahami satuan terkecil ATMA~nya.
    (Kehidupan JAWAHAR AKHIR yang mengendap
    pada Tribaka)

    6♥Barang siapa yang memahami ATMA~nya,
    akan memahami TAMAT~nya.
    (Reaktor Nuklir dari akumulasi satu
    Oktiliun Tribaka pada tubuh manusia,
    yang segera memasuki Blackhole
    untuk keluar dari Jagat Raya
    dan meledak menjadi Bigbang,
    di ruang hampa, gelap gulita,
    bertekanan minus)

    7♥Barang siapa yang memahami TAMAT~nya,
    akan memahami WIWIT~nya.
    (Ledakan Bigbang membentuk Whitehole
    yaitu berupa potensi Jawahar Awal
    di Jagat Raya Baru)

    Peringatan dari Mandalajati Niskala:
    "JIKA ANDA SULIT UNTUK MEMAHAMI,
    LEBIH BAIK ABAIKAN SAJA. TERIMA KASIH)

    ═══════════════════════════════

    Syair Sunda:
    JAWAHAR AKHIR NGARAGA~DIA
    ditulis ku Mandalajati NIskala

    Atma na sakujur raga.
    Hanargi museur na tazi.
    Bobot Bentang JAGAT RAYA panimbangan.
    Paeunteung eujeung.

    Ziro sazironing titik Nu Maha Leutik.
    Madet dina JAGAT LEUTIK.
    Gumulung sakuliahing cahya.
    Ngahideung Nu Maha Meles.
    Ngan beuratna Maha Beurat.

    Insun gumulung nu Tilu NGAMANUNGGAL;
    PARA~TRI~NA, NI~TRI~NA jeung
    HOLIK~TRI~NA dina Jawahar Akhir.

    Tandaning Insun lulus nurubus.
    Lolos norobos, Robbah lalakon.
    Kaluar tina Sapanunggalan Gusti Nu Maha Suci.
    Bitu ngajelegur.
    Manggulung-gulung kabutna.
    Huwung nungtung ngahujung.

    Jadi jumadi ngajadi.
    INSUN ROBBAH NGARAGADIA.
    Gelar Ngajawahar Awal.
    Gusti papanggih jeung Gusti.
    Dina babak carita SAWA~RAGA~ANYAR.

    Ahuuung
    Ahuuung
    Ahuuung
    Aheeeng.

    ═══════════════════════════════
    Artikulasi Sunda:
    PANTO JAWAHAR AWAL
    KA PANTO JAWAHAR AKHIR
    ditulis ku Mandalajati NIskala

    Manusa sategesna bagian ti Gustina.
    Kum eusi samesta KOKOJAYAN
    di jero HAWA~K GUSTI NU MAHA AGUNG
    (Zibghotulloh).

    Sagala rupa kaasup Manusa MANUNGGAL
    DINA JERO HAWA~K GUSTI NU MAHA AGUNG
    (Sapanunggalan).

    Gusti NU MAHA AGUNG mibanda TILU
    ENERGI PRIMER (Tri Tangtu Di Buwana),
    nu gumulung jadi tunggal tampa wates
    disebut;
    JAWAHARA HAWAL WAL HAKHIR (JHWH)

    SANG MAHA AGUNG
    nyaeta "JHWH" dina CAKUPAN ALAM MAKRO,
    mibanda:
    Energi "HU" Acining Cahi,
    Energi "DA" Acining Taneuh,
    Energi "RA" Acining Seuneu.
    Tiluanana Gumulung dina SAJATINING HUDARA,
    salaku PANTO HAWAL Zat Abadi Makro,
    nu disebut JAWAHAR HAWAL WHITEHOLE,
    nyaeta proses DIA NGAJADIKEUN INSUN.

    SANG MAHA LEMBUT
    nyaeta "JHWH" dina CAKUPAN ALAM MIKRO,
    mibanda:
    Energi "HU" Proton,
    Energi "DA" Netron,
    Energi "RA" Elektron.
    Tiluanana Gumulung dina SAJATINING HATOM,
    salaku PANTO HAKHIR Zat Abadi Mikro,
    nu disebut JAWAHAR HAKHIR BLACKHOLE,
    nyaeta proses INSUN JADI DIA.
    ═══════════════════════════════
    Filsuf MANDALAJATI NISKALA, sbg:
    Zaro Bandung Zaro Agung
    Majelis Agung Parahyangan Anyar.

    @Sandi Kaladia

    ReplyDelete
  5. ga logis dan ga ada alasan yang kuat dalam hipotesisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mana yang gak logis mas? saya rasa benar kok

      Delete
    2. mungkin pernyataan dari Mandalajati Niskala

      Delete
  6. kalo ga kuat mikir bisa gila juga ni
    hehehe

    ReplyDelete
  7. orang-orang yang menjadi filsafat pastilah memiliki kelebihan dari orang2 pada umumnya... bener gak yaaa ??

    ReplyDelete
  8. ane jadi manusi biasa ajalah

    ReplyDelete
  9. setelah membaca dari atas, aku jadi heran kenapa kok dalilnya atau referensinya tidak ada sama sekali ,,, yang ada hanya statement yang bertolak belakang dari para ilmuan barat. ada juga kekawatiran KHAWATIR BISA MENIMBULKAN FITNAH & MENGGONCANGKAN DUNIA. masak kayak jadi pengecut kayak gitu..
    jika benar dan itu adalah hasil dari ilmuwan muslim maka jangan takut untuk mempublikasikan

    ReplyDelete
  10. berlogika secara filsafat sah sah saja, berfikir orang filsafat akan berbeda dengan masarakat awam,,, mungkin saja matahari itu inti dingin, mungkin juga sangat panas, salah satu pertanyaan penting ,,kapan manusia bisa meniptakan mesin dan pesawat yang bisa mendarat di matahari dan bisa menembus inti matahari,,,,tapi jika melihat komparasi dengan bumi,, bumi permukaannya dingin maka manusia dan mahluk hidup bisa hidup, tapi ternyata inti bumi sangat panas karena itu adalah magma bumi,,, jadi sangat mungkin inti matahari akan sangat lebiiiiiiiiihhhh panaaaassss,,,, dalam berpikir filsafat sah sah saja,,,, hidup berpikir gila,,,,hahahh

    ReplyDelete
  11. ulasan yang bagus dan bermanfaat buat para pembaca.. ikut menyimak gan n semoga sukses didunia blogging, salam kenal..

    ReplyDelete
  12. sangat membantu, terimakasih.

    ReplyDelete
  13. Saya percaya inti matahari dingin.. Ini gak bisa dengan contoh bakso goreng karena bakso goreng skala ukurannya kecil dan dia cuma satu bahan.. Tapi kalo kita masuk ke skala makro maka komposisi lapisan bumi atau matahari tidak seperti bakso goreeeeeeeeennggg!! Coba anda dengar ini.. Saat suhu bumi di atas panas maka suhu di lapisan bawah menyimpan dingin dan kebalikannya saat suhu di atas bumi dingin suhu di bawah lapsan bumi menympan panas.. Jadi kita dapati suhu rata ratanya normal jika suhu dibawahndan di atas bumi di gabung.. Inilah yg mendasari pembuatan AC alam dgn memanfaatkan perbedaan suhu ini..itulah sgt mungkin matahri memliki suhu inti dingin.. Lagi pula komposisi matahri adlah juga berisi gas.. Dan gas punya sifat dingin.. Coba aja kalo gk percaya cabut selang gas buat kipasan pasti adem kkkkkkk.... Kemudian yg ketiga.. Area matahri yg terbakar tentu panas tapi area penyuplai energi harusnya tidak panas.. Coba anda bayangkan kalo korek gas anda jadi panas.... Yg anda tangan anda melelh sebelum anda bakar rokok... Kkkkkkkk..... Area punyuplai energi harusnya tidak panas.. Namun kenapa bom atom ketika meledak panas karena tidak ada penyuplai energi yg tersisa semua persediaannya habis terbakar.. Reaksi fisinya hanya suatu yg saling membakar namun bukan dari area suplainya... Makanya tempo bom atom singkat.. Masa meledaknya sampe berhari hari kan gk mungkin.. Lucu kali ya hirosima masih belum selesai ledakan atomnya.. Matahri memiliki reaksi fusi namun dia juga punya area punyuplai yg membuat matahri mampu menghasilkan ledakan dan panas dalam waktu berjuta juta tahun.. Gitu menurut ane

    ReplyDelete
  14. wallohualam..

    ReplyDelete

jangan takut berkomentar, karena komentar anda sangat kami butuhkan untuk membangun blog ini agar bisa lebih baik lagi.

Assalamualaikum! Mulai sekarang Blog Coretan Sampah ini dijual!!! Minat? hub. 085728243221. (Kami tetap menerima pemasangan iklan!!)