Mata Kuliah Teori Pembelajaran dan Definisi Proses Belajar Mengajar

Mata Kuliah Teori Pembelajaran dan Definisi Pembelajaran

Apa itu Proses Belajar Mengajar?

Proses Belajar Mengajar merupakan suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik, di dalamnya terdapat unsur-unsur belajar maupun pembelajaran yang saling berkaitan. Seorang pendidik yang profesional terlebih dahulu haruslah mengetahui teori, unsur serta segala hal yang menyangkut masalah belajar maupun pembelajaran bilamana menginkan terwujudnya suatu keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Mata kuliah teori pembelajaran terdapat pengetahuan serta teori-teori belajar maupun pembelajaran, muatan tersebut antara lain ; Pengertian Belajar, Teori Dan Prinsip Belajar, Prinsip-Prinsip Belajar, Tipe-Tipe Belajar, Pengertian Pembelajaran Dan Rencana Pembelajaran, Hubungan Antara Belajar, Pembelajaran Dan Pendidikan, Teori Belajar Behaviorisme, Aplikasi Teori Belajar Behaviorisme Dalam Pembelajaran Di Kelas, Teori Belajar Kognitivesme, Aplikasi Teori Belajar Kognitivesme Dalam Pembelajaran Di Kelas, Teori Belajar Humanisme, Aplikasi Teori Belajar Humanisme Dalam Pembelajaran Di Kelas, Pengertian PAKEM, model Pembelajaran berbasis PAKEM. Kesemua muatan tersebut akan disampaikan dalam 14 x pertemuan yang disampaikan dengan berbagai strategi pembelajaran  sehingga diharapkan calon pendidik dapat memahami dan memiliki pengetahuan mengenai teori pembelajaran.

Pengertian Belajar

Menurut Pendapat Tradisional

Belajar adalah menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan

Menurut Ahli Pendidikan Modern

Belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan / perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru, berkat pengalaman dan latihan.
Tingkah laku baru itu misalnya :
Dari tidak tahu menjadi tahu, Timbulnya pengertian baru, Timbulnya perkembangan sifat sosial susila dan emosional

Pengertian Belajar dalam Arti Luas dan Sempit

Belajar dalam arti luas adalah Kegiatan psiko (jiwa) fisik menuju ke perkembangan pribadi seutuhnya
Belajar dalam arti sempit adalah Sebagai usaha penguasaan ilmu pengetahuan yang merupakan sebagian kegiatan menuju terbentuk kepribadian seutuhnya.
Pengertian menurut danang (dosen Fkip Pkn UMS), Belajar adalah serangakain kegiatan manusia yang mempelajari berbagai sumber belajar dari kegiatan tersebut difahami serta diamalkan menuju terbentuknya kepribadiaan seutuhnya

0 Response to "Mata Kuliah Teori Pembelajaran dan Definisi Proses Belajar Mengajar"

Poskan Komentar

jangan takut berkomentar, karena komentar anda sangat kami butuhkan untuk membangun blog ini agar bisa lebih baik lagi.